Jigado – Suzuki Jimny Sierra

Suzuki Jimny Sierra

Suzuki Jimny Sierra

Seorang off-roader edan asal Bandung melakukan rekayasa genetika. Muncullah makhluk bernama Jigado.

Di kalangan penyuka lumpur nama Hadi Kusnadi atau yang kerap disapa Atung sudah tidak asing lagi. Jip hasil modifikasinya pun sudah 2 kali diulas di majalah JIP. Toh, begitu keinginannya untuk membuat modifikasi tak pernah berhenti. Buktinya kini ia memunculkan Jigado (Jimny Gado-gado .red). Hehehe…

Suzuki Jimny Sierra

Suzuki Jimny Sierra

Seperti biasa gaya modifikasinya tergolong radikal. Meskipun bahan dasar modif berupa sasis dan bodi milik Suzuki Jimny Sierra, tapi komponen lainnya dicomot dari berbagai merek kendaraan lain.

Suzuki Jimny Sierra Monster Tire

Suzuki Jimny Sierra Monster Tire

Seperti misalnya mesin Jeep CJ-7, garden Mercedes Unimog 4011, girboks Toyota FA, per keong campuran milik Cherokee-Unimog dan sebagainya. Species baru yang dimunculkan Atung kali ini sedikit berbeda. Lantaran dimensi gambot dan berat yang jadi ciri khas rancangan pengusaha antenna parabola, kini tak terlihat pada ubahan Jimny Sierra-nya.

Jip bikinan Jepang ini terlihat ringkas seperti aslinya. Pemilihan garden Unimog 4011 dimensinya tak begitu lebar sehingga masih seimbang dengan bodi dan sasis Jimny. Selain itu rancangan bodinya pun dibuat simple. Hanya separuh bodi yang masih mencirikan Jimny, selebihnya rollbar yang dilas langsung ke sasis Jimny yang sudah di reinforce.

Kelenturan suspense Jigado biarpun belum terbukti ampuh di ajang kompetisi resmi layak diacungi jempol. Silahkan nikmati beberapa foto aksinya di halaman ini. Perhatikan liukan suspensi depan dan belakang yang mampu menyesuaikan level ketinggian batu.

“Jip ini memang dirancang untuk ikut rock crawling. Selain crawling ratio-nya low, traveling suspensinya juga lebih panjang. Biar manjat batunya lebih mudah,” cerocos Atung tanpa bisa distop. Menurutnya roda Jimny tunggangannya ini baru berputar setelah 147 putaran mesin.

Wah, sip juga nih!

Mesin Jeep CJ-7 jelas lebih mumpuni. Selain tenaganya besar torsinya pun mencukupi untuk merayap pelan di batu. Berhubung kompartemen mesin Sierra sempit terpaksa fire wall dikorbankan dan dibobok. Untuk pengapian dan karburator tetap dibiarkan seperti aslinya.
Suspensi lentur yang dimiliki Jigado ini berkat perpaduan coil springs milik Unimog (depan) dan Cherokee (belakang) serta sokbreker bawaan asli Toyota Land Cruiser VX. Agar gerakan suspensi lebih maksimal didukung dengan sisterm 5 link arm di depan dan 4 link arm di belakang.
Dasbor dibikin ulang dari pelat aluminium namun tanpa dilengkapi panel-panel yang rumit. Jok tetap pakai milik Jimny Sierra dilengkapi sabuk pengaman 4 titik. Yang sedikit membuat aneh interior ini adalah adanya tongkat persneling yang panjang serta tuas rem yang extra size juga.
Pelek 20 inci milik Unimog dipadu ban Dunlop SP7 12,5×20 membuat ground clearance Jimny Atung makin tinggi.
Tenaga mesin CJ-7 dikawinkan dengan girboks Toyota FA 5 percepatan dipadu transfer care as Sil. Perbandingan gigi satu girboks Toyota FA 1:7,2. Sementara transfer case gigi lownya 1:2,7.
Sebagai alat recovery, Atung lebih memilih PTO hydraulic yang diyakini mampu menarik beban hingga 10 ton.
Gardan Mercedes Unimog 4011 tak hanya kuat namun juga memiliki ground clearance yang tinggi. Selain itu sudah dilengkapi air hydraulic locker bawaan pabrik. Final gir garden Unimog ini punya perbandingan 1:7,56.
Bodi belakang sengaja dibiarkan telanjang. Yang menonjol hanya konfigurasi rollbar dari pipa besi. Tangki bensin dan aki sengaja ditempatkan di kabin belakang agar lebih ringkas.
Agar kopel tak mudah melintir dan menyesuaikan posisi girboks yang mundur maka perlu dirancang ulang.

SPESIFIKASI TEKNIS

Bodi dan Sasis Suzuki Jimny Sierra
Mesin Jeep CJ-7
Kapasitas Mesin 4.200cc
Jumlah Silinder 6 Silinder Segaris
Pengapian OEM CDI CJ-7
Pasokan Bahan Bakar Karburator OEM CJ-7
Altenator OEM Mitsubishi 100 Ampere
Aki Yuasa 100 Ampere
Girboks Toyota FA 5 Percepatan
Transfer Case Gas Sil 2,7 : 1
Gardan Unimog 4011 (depan-belakang)
Final Gir 1 : 7,56
Locker Air Locker Hydrolic (depan-belakang)
Ban Dunlop SP7 12,5×20
Pelek Unimog 20 inci
Sobreker Toyota Land Cruiser VX ( 3 depan- 4 belakang)
Per Coil Springs Unimog (depan), Cherokee (belakang)
Link Arm 5 link VHS (depan), 4 link ball joint (belakang)
Winch PTO Hydraulic 10 Ton
Rollbar Custom
Bumper Custom ARB (depan-belakang)
Jok OEM Jimny Sierra
Sabuk Pengaman 4 titik
Lampu Sorot 4 buah
Bengkel Dikerjakan sendiri

5 Responses to “Jigado – Suzuki Jimny Sierra”

  • fairus firdausy says:

    wow..mantab ruarr biasa jip nya !!! two thumbs up…

  • admin says:

    Terima kasih.

    Salam dari Tapak Jaksa Offroad Bandung!

  • gadis says:

    Bos apa terima juga modifikasikan jimny saya
    saya minat sekaliiiiii ……..?
    end kira-kira sampai berapa total jenderal biaya nya ….. ?

  • admin says:

    Halo,

    Terima kasih sudah sempatkan berkunjung di website kami.

    Untuk menentukan total biaya, harus dirinci dulu detail-detail modifikasinya.
    Mungkin bisa dirinci kembali spesifikasi yang diinginkan.

  • Tulus Mugiyono says:

    Keren pisan euy…. salam kenal Bos. Rumah saya di Perumahan Pasir Kemiri Blok A no 7. Deket bengkel Pa Hadi Kusnadi. Tapi sekarang sedang di Australia sampai 4 tahun ke depan. Sering juga lihat mobilnya diparkir di pinggir jalan. Saya naksir yg “Monster Tire”. Kalau boleh tahu mau di keluarin berapa? Atau kalau saya mau bangun seperti itu prediksi biayanya berapa? Hatur nuhun pisan

Leave a Reply